Cara Migrasi TV Biasa Menjadi TV Digital dari Tanpa Ganti TV

migrasi siaran tv digital

Divrencomputer.com |  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara bertahap akan menghapus televisi analog (Analog Switch Off/ASO). Tahap pertama akan selesai pada 17 Agustus.

Pada tahap pertama, Kominfo akan mematikan televisi analog di beberapa daerah di Aceh, Riau, Banten, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Pelaksanaan ASO dibagi menjadi lima fase, yang terakhir akan selesai pada 2 November 2022.

Untuk terus menonton TV, pengguna mau tidak mau harus migrasi dari TV biasa ke tv digital. Ini memungkinkan Anda untuk mengubah TV biasa menjadi digital.

Berikut ini Cara  migrasi dari TV biasa menjadi TV digital

Cara Migrasi TV Biasa Menjadi TV Digital dari

Anda dapat mengonversi TV standar ke TV digital menggunakan set-top box (STB) DVBT2. STB adalah alat untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat dilihat di televisi analog standar.

BACA JUGA :  Cara Tangkap Siaran TV Digital di Rumah

STB ini dapat dibeli dari toko online dengan harga yang berbeda, STB sangat mudah dipasang. Pengguna cukup menghubungkan kabel koneksi audio dan video (AV) ke port gratis di TV.

Jika Anda sudah memiliki TV LED atau LCD, sambungkan kabel audio dan video (AV) ke port di samping atau belakang TV.

Untuk mulai menonton program digital, nyalakan TV seperti biasa dan tampilkan menu AV. Seperti halnya siaran biasa, pengguna juga harus mencari siaran digital melalui STB.

Dengan menggunakan STB, pengguna tidak perlu mengganti TV biasa. Namun, pengguna tetap membutuhkan antena digital.

Alasannya karena STB hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal dari digital ke analog. Sinyal digital masih perlu ditangkap dengan antena digital.

Oleh karena itu, jalur pertama menuju televisi digital adalah dengan membeli set-top box (STB) dan antena digital. Alat ini dapat dibeli dipasaran dengan harga yang beragam.

Mencari siaran digital melalui STB

Setelah kita bahas cara memilih STB terbaik pada artikel sebelumnya , Berikut ini adalah cara menangkap siaran TV digital dengan tetap menggunakan perangkat TV yang ada :

BACA JUGA :  Cara Memilih Set Top Box [ STB ] Terbaik untuk Siaran TV Digital

1. Pertama, pastikan TV analog dan DVBT2 STB terhubung.

2. Kemudian nyalakan TV dan masuk ke mode AV.

3. Jika ada beberapa mode AV, cocokkan dengan terminal STB,  seperti terminal AV1, AV2 atau lainnya.

4. Setelah mode AV diatur, Anda dapat segera mengaktifkan STB.

5. Tekan tombol “Menu” pada remote control STB, cari “Cari saluran” dan klik “Pencarian otomatis”.

6. Tunggu perangkat mencari sinyal TV digital sampai finish

7. Setelah melakukan pencarian sinyal, Anda dapat langsung memilih opsi “Simpan”.

8. Nantinya, TV analog akan otomatis menampilkan siaran TV digital.

9. Yang perlu Perhatikan bahwa TV analog harus selalu dalam mode AV buka mode TV agar dapat terus menikmati program TV digital dengan STB.

Jika proses digitalisasi siaran televisi  (ASO) sepenuhnya dilaksanakan , siaran analog tidak akan tersedia, sehingga pemilik TV analog tidak akan dapat menerima siaran TV digital kecuali mereka memasang STB.

Pengguna yang sudah menggunakan TV digital hanya perlu membeli antena khusus untuk transmisi digital dan dapat langsung menikmati siaran tanpa STB. STB dan TV digital dapat dibeli di toko elektronik atau toko online.

BACA JUGA :  Ini Perbedaan Siaran TV Digital dan TV Analog

Dengan demikian Proses migrasi dari siaran tv biasa menjadi tv digital bisa dilakukan tanpa mengganti perangkat TV dirumah.

Back to top button